Laman

CARA MENANAM POHON GAHARU


Pohon penghasil Gaharu cocok ditanam di antara daerah dataran rendah hingga ke perbukitan pada ketinggian 0 – 750 meter dari permukaan air laut dengan curah hujan kurang dari 2000 cm, suhu yang sesuai adalah antara 27°C hingga 32°C dengan kadar cahaya matahari sebanyak 70%, jenis tanah yang sesuai adalah jenis lembut/ gembur dan liat berpasir dengan pH tanah antara 4.0 hingga 6.0.


Cara Tanam Aquilaria.sp (Malacensis, Microcarpa, Beccariana dan sejenisnya)
Langkah-langkah sebagai berikut :
  • Bersihkan lahan untuk keperluan pembuatan lubang, untuk memudahkan penanganan sebaiknya dilakukan pengajiran/ patok dengan dimensi sesuai keinginan.
  • Jarak tanam yang ideal untuk bibit gaharu minimal 2 x 2.5 meter atau menyesuaikan dengan tanaman perpaduan lainnya seperti karet, pisang, pepaya dan lain-lain.
  • Galilah tanah lobang ukuran 50 x 50 x 50 cm, pisahkan antara tanah galian atas dan tanah galian bawah biarkan selama ± 15 hari.
  • Siapkan pupuk kandang atau kompos yang akan menggantikan tanah bawah (dimasukkan terlebih dahulu).
  • Penanaman bibit gaharu sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan di pagi hari sampai jam 10.00 waktu setempat, dan dapat dilanjutkan pada jam 4 sore/ petang harinya.
  • Kemudian ambil bibit Gaharu yang siap tanam sobek dan buang pembungkus/ polybag dan tutup tanah galian seperti biasa. (bibit sebaiknya sudah ditempatkan di lokasi kebun 2 minggu sebelum ditanam dan menanam pada sore hari dimusim hujan).
  • Buatlah atap pelindung dari daun ilalang jika kebun monokultur/ terbuka hingga tanaman berumur 18 bulan, setelah itu lahan dapat mulai dibuka.
  • Kebutuhan pupuk relatif kecil yakni NPK 10 – 50 gr / 6 bulan, jika tanaman sudah terjangkit mikoreza maka tidak banyak memerlukan pupuk.

Pemeliharaan
Pemupukan dapat dilakukan sekali 3 bulan, namun dapat juga setiap 6 bulan dengan kompos sebanyak 3 kg melalui pendangiran dibawah canopy. Penggunaan pupuk kimia seperti NPK dan majemuk dapat juga ditambahkan setiap 3 bulan dengan dosis rendah (5 gr/tanaman) setelah tanaman berumur 1 tahun, kemudian dosisnya bertambah sesuai dengan besarnya batang tanaman.
Hama tanaman gaharu yang perlu diperhatikan adalah kutu putih yang hidup di permukaan daun bawah, bila kondisi lingkungan lembab. Pencegahan dilakukan dengan pemangkasan pohon pelindung dan pruning agar kena cahaya matahari diikuti penyemprotan pestisida seperti Tiodane, Decis, Reagent, air destilat sirih, dll. Pembersihan gulma dapat dilakukan sekali 3 bulan atau pada saat dipandang perlu.

17 komentar:

  1. Informasi sangat bermanfaat... Terima kasih

    BalasHapus
  2. mas saya bisa order bijigak untuk mulai penyemain gaharu untuk usaha bibit dilampung

    BalasHapus
  3. great...! kami lagi buat karya tulis ilmiah tentang gaharu, buat diikutkan ke lomba. mohon do'anya semoga menang... AAmiin

    BalasHapus
  4. Saya hanya punya lahan 1000 m, berapa pohon kira2 dapat ditanam.
    dan kira2 perhitungan modal yang perlu saya persiapkan.
    terimakasih
    rfauzi0633@gmail.com

    BalasHapus
  5. kalu modal awal lahan 20-20 mtr,berapa kira2 mas ?

    BalasHapus
  6. mas gimana cara memilih bibit yang super biar gak di bohongi

    BalasHapus
  7. booos saya punya dua ekor tokek gimana cara mencari pasarannya dan pembelinya

    BalasHapus
  8. bagi tertarik dengan kayu gaharu dan mempunyai modal yang besar kami menyediakan kayu gaharu yang masi berupa pohon yang di kelola secara alami dan sudah berumur +20 tahun

    BalasHapus
  9. Mas saya punya lahan -/+ 9 hektar,awal nya ditanam kelapa hibrida,tapi udah mati,ndk menghasilkan,bisa ngak ditanam pohon gaharu,dgn tekstur tanah seperti tanah gambut.trims

    BalasHapus
  10. Saya punya lahan 5 hektar, di wilayah Kalimantan Tengah. Untuk mendapatkan bibit yang ada di sekitar Paalangka Raya atau Banjarmasin dimana ya?

    BalasHapus
  11. Djual lahan kebun pohon kayu gaharu lokasi kalimantan selatan. Lahan seluas 4,7 hektar. Isi lahan : kayu gaharu 5000 pohon diameter 23 cm. Bonus kayu jadi 1.500 pohon diameter 26 cm. Lokasi diperkampungan atau pinggir jalan beraspal. Harga 15 M. Bagi yang berminat bisa menghubungi hp 082352531879 atau 0517 42739

    BalasHapus
  12. dijual 1200 pohon gaharu umur 14 tahun dia 35-45cm lokasi kaltim di jual Rp.1.500.000/pohon hub 081322384757 / 085222440659 (tidak melayani sms)

    BalasHapus
  13. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya,Raih Rp.7 Juta dalam 7 hari hanya dengan mengkampanyekan menanam pohon secara online
    http://goo.gl/GceX9Y

    BalasHapus
  14. Jual gelang dan tasbih dari gaharu... jika minat silahkan kunjungi www.antikmart.co.id

    BalasHapus
  15. Jika ada promosikan tanaman via internet dapat upah saya siap ikut,daftarkan saya : asigbertiga665@gmail.com
    Market place :www.ujuri.mybigmallshop.com

    BalasHapus